Thursday, June 01, 2006

Rubrik Konsultasi ACCURATE - Gajah Mada Plaza (Warta Grogol edisi 65)

Memilih "Software Accounting"

Belakangan ini banyak yang menawarkan software accounting yang katanya dapat membantu mempercepat proses dan ketepatan informasi akuntansi yang dibutuhkan manajemen perusahaan. Bagaimanakah kiat memilih software yang baik, tepat dan menguntungkan ?

Rhino
Pluit - Jakarta Utara

Sdr Rhino, ada dua pilihan untuk mendapatkan software yang tepat bagi perusahaan Anda, yaitu membuat software yang sesuai dengan usaha Anda (customize) atau membeli yang software siap pakai.

Beberapa pertimbangan dalam memutuskan menggunakan software yang dikemudian hari akan sangat berpengaruh terhadap resiko dan biaya yang harus Anda keluarkan, diantaranya :


Software customize
  1. Dibuat sesuai dengan keinginan pemakai (spesifik).
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada tahap implementasi relatif lama.
  3. Biaya yang dibutuhkan relatif besar, terutama pada tahap maintenance.
  4. Kemungkinan terjadi error pada program cukup signifikan, karena testing program dilakukan hanya pada perusahaan tersebut.
  5. Dengan adanya sistem pesanan, maka pengalaman programmer menjadi terbatas dan reputasinya kurang teruji.
  6. Keberadaan program hanya ada pada satu pemakai (user), sehingga support untuk program tersebut juga sangat terbatas. Apalagi bila perusahaan pemesan menggunakan programmer berdasarkan sistem kontrak, maka akan kesulitan dalam memperoleh support pada saat yang dibutuhkan.
  7. Profil maupun sejarah perusahaan juga dapat mempengaruhi keputusan dalam memilih siapa yang akan menjadi pembuat program perusahaan Anda.

Software siap pakai


  1. Sudah standar, perusahaan dapat mengoptimalkan fitur yang ada untuk memenuhi kebutuhannya.
  2. Dapat langsung digunakan.
  3. Biaya relatif murah, bahkan bisa jadi tanpa biaya.
  4. Kemungkinan terjadi error program cukup rendah. Dengan banyaknya user, maka program otomatis akan selalu di update.
  5. Dengan adanya spesifikasi program, maka programmer mempunyai pengalaman yang baik dalam mengembangkan program tsb. sehingga reputasinya dapat diuji secara valid.
  6. Dengan jumlah pemakai yang terus berkembang (installed based), maka perusahaan akan selalu menyediakan support yang terdidik dan terlatih dengan baik. Dengan demikian user akan selalu dapat memperoleh support program kapan saja dibutuhkan.
  7. Profil, sejarah perusahaan sebagai pengembang program dan jumlah user tentu dapat menjadi referensi bagi Anda untuk menilai ketepatan dan kehandalan program yang sudah ada.


*****

No comments: