Friday, June 09, 2006

Rubrik Konsultasi ACCURATE - Gajah Mada Plaza (Warta Grogol edisi 67)

Menyajikan laporan secara efektif

Saya bekerja pada perusahaan yang bergerak dibidang Penjualan Elektronik. Laporan total maupun analisa Penjualan dan Pembelian yang saya buat biasanya menggunakan spreadsheet. Saya mulai merasakan kesulitan untuk memberikan Laporan yang dibutuhkan secara tepat waktu, bagaimana cara yang paling efektif dalam memenuhi Laporan yang dibutuhkan agar saya bisa menyajikan secara cepat dan tepat, karena begitu banyak Jenis Laporan yang harus disampaikan, resiko kesalahan nilai dalam penyajiannya dapat terjadi.

Anto
Pluit

Membuat Laporan sebenarnya merupakan hasil dari aktivitas yang sudah dilakukan, dalam hal ini aktivitas penjualan dan pembelian. Ringkasan aktivitas tersebut sebenarnya dapat langsung Anda peroleh apabila Anda dapat mengoptimalkan tools yang anda gunakan. Salah satunya adalah mencoba memanfaatkan teknologi yang sudah Anda gunakan untuk membantu memecahkan masalah Anda. Anda dapat mengoptimalkan komputer yang Anda miliki dengan menambah software yang dapat menunjang/memenuhi kebutuhan Anda, misalnya dengan menggunakan Software Accounting, yang dapat membantu memproses Laporan yang Anda butuhkan secara otomatis dari hasil input transaksi yang Anda lakukan. Software Accounting yang dibuat secara paket biasanya telah menyediakan berbagai macam jenis Laporan yang umumnya dibutuhkan. Dengan demikian Anda dapat memperoleh/mencetak Laporan yang dibutuhkan kapan saja dibutuhkan sepanjang transaksi tersebut sudah Anda input.


**********

Dalam usaha meningkatkan omzet, Kami melakukan perluasan usaha dengan membuka counter-counter diberbagai tempat. Bagaimana memperhitungkan profit and loss (laba rugi) dari masing-masing counter untuk kemudian membandingkan counter mana yang paling menguntungkan?

Boy
Grogol

Suatu perubahan memang terkadang memerlukan adanya perubahan yang lain. Umumnya, hal ini dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang timbul akibat perubahan tersebut. Perubahan iklim usaha yang semakin maju memerlukan adanya perubahan system kerja agar kinerja usaha tetap terjaga. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan mesin register (kassa/Point of Sale) untuk mengontrol penjualan yang terjadi di masing-masing counter, kemudian Anda dapat memperhitungkan Harga Pokok Penjualan serta Biaya pada masing-masing counter.

Laba Kotor = Total Penjualan – Harga Pokok Penjualan
Laba Usaha = Laba Kotor – Biaya Usaha

Akan lebih mudah apabila Anda menggunakan Sistem yang sudah terintegrasi antara mesin register (Point of Sale) dengan sistem akuntansi yang ada diperusahaan Anda. Untuk itu Anda memerlukan Software yang memang diperuntukkan untuk kedua bagian tersebut. Anda dapat memillih software yang sudah siap pakai, sehingga Anda dapat langsung menggunakannya dan dapat memperoleh informasi yang Anda butuhkan tepat waktu dan akurat.


**********

No comments: