Tuesday, June 20, 2006

Rubrik Konsultasi ACCURATE - Gajah Mada Plaza (Warta Grogol edisi 69)

Menentukan laku tidaknya barang dagangan


Bagaimana caranya menentukan barang dagangan saya termasuk laku atau tidak?


Samsul Bachri,
Cengkareng



Dalam akuntansi dikenal yang namanya analisa untuk Perputaran Persediaan. Fungsinya adalah untuk mengetahui sebenarnya berapa lama Persediaan Barang Dagangan Bapak berada didalam Gudang (terhitung sebagai Stok) Bapak dapat menggunakan perhitungan sebagai berikut :

Persediaan : HPP x 360 hari

Dari perhitungan tersebut, Bapak dapat memperoleh berapa lama (rata-rata) sebenarnya Persediaan Barang Bapak berada didalam Gudang (terhitung sebagai Stok). Sebaiknya Bapak dapat selalu memperoleh informasi mengenai data persediaan, pembelian dan penjualan secara tepat waktu, agar dapat cepat mengantisipasi apabila ada kelebihan stok. Untuk mempermudah dan mempercepat hasil yang ingin Bapak inginkan, Bapak dapat menggunakan software yang terintegrasi antara persediaan, pembelian dan penjualan agar Bapak dapat memperoleh data secara cepat namun akurat.
Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.



**********

Kalau saya lihat dari Laporan Penjualan selama tiga bulan terakhir, mengalami peningkatan. Tetapi mengapa saya kesulitan dalam mengatur arus kas diperusahaan ?


Niken,
Slipi


Selain angka Penjualan yang meningkat, Ibu dapat memperhatikan apa saja yang mempengaruhi Kas/Bank, agar Ibu dapat mudah mengatur arus kas Ibu dikemudian hari;

~ Arus Kas/Bank yang dipengaruhi oleh aktivitas operasional :

  • Jumlah Kas/Bank rendah, tapi Piutang tinggi, maka Ibu perlu mengevaluasi jatuh tempo pembayaran Piutang, kemudian Bagian Penagihan .
  • Jumlah Kas/Bank rendah, tapi Hutang juga mengalami penurunan, maka Ibu perlu mengevaluasi rencana pembayaran Hutang, baik jangka pendek maupun jangka panjang yang sudah jatuh tempo.
  • Perhitungkan juga jumlah biaya-biaya yang dibayarkan, apakah terlalu besar atau tidak
  • Total persediaan yang berlebihan juga mempengaruhi nilai Kas/Bank, karena apabila terjadi over stock (kelebihan stok), akan berpengaruh terhadap pengeluaran Kas/Bank.
~ Arus Kas/bank yang dipengaruhi Investasi :
  • Terjadinya penambahan (baik Pembelian maupun Renovasi) Aktiva Tetap
  • Adanya Biaya untuk mengembangkan usaha (contoh : pembukaan kantor cabang).
~ Arus Kas/Bank yang dipengaruhi dari aktivitas Pendanaan :
  • Hal ini dapat dipengaruhi karena ada pengurangan Investasi, baik dari Pengambilan Pribadi maupun dari bertambahnya Piutang Hubungan Istimewa (Kerabat atau Relasi dekat).
  • Pembayaran Hutang Jangka Panjang yang jatuh tempo, tapi tidak diperkirakan (dianggarkan) sebelumnya.


**********

No comments: